Publik

Manajemen Informasi Pokir DPRD

 

SANGATTA – Lembaga Adminstrasi Negara ( LAN) Republik Indonesia Samarinda Kalimantan Timur dibawah Pimpinan Kepala Kampus Bapak Dr. Muhammad Aswad,M.Si, mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator ( PKA) Angkatan IV Tahun 2023, sejak tanggal 14 Agustus sd 5 Desember 2023. Kegiatan PKA dikuti 39 peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota di wilayah Kalimantan,khusus Kabupaten Kutai Timur diikuti sebanyak 13 orang peserta.

Rudi,SE sebagai Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran Pengawasan Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur berkesempatan menjadi Peserta Pelatihan Kepemimpinan Adaministrator (PKA), tahap pertama dimulai sejak tanggal 14 agustus sd 27 September 2023 dengan membuat rancangan aksi perubahan dengan judul Manajemen Informasi Pokir DPRD dan disetujui melalui acara seminar, kemudian dilanjutkan dengan tahap implementasi aksi perubahan.

FOTO: IST)

Kemudian saat ini masuk kepada tahap kedua yaitu tahap implementasi aksi perubahan dimana hal yang diperlukan adalah menerapkan jadwal kegiatan yang telah disusun, dimulai dari pembentukan Tim Efektif.Permintaan dukungan secara tulisan dan video, penginventarisan dan penganalisaan data Pokir DPRD Tahun Anggaran 2023, yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman ( Perkim), Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan ( DKPHP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud).

Data Pokir yang ada di beberapa Dinas tersebut diambil dan dianalisi kemudian hasilnya sebagai kelengkapan utama dalam makalah yang disusun oleh Tim Efektif untuk kemudian diuji oleh Tim Penguji di LAN RI Samarinda yang direncanakan pada tanggal 5 Desember 2023. Nantinya makalah tersebut digunakan oleh anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, sebagai acuan kerja dalam mengambil kebijakan mengenai Pokir selanjutnya guna memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dalam implementasi akper ini, saya sebagai Reformer dibimbing oleh Coach, Bapak Dr. Fajar Iswahyudi,SE.,M.PA (WI LAN Samarinda) dan sebagai Mentor, Bapak Juliansyah,S.Hut (Sekretaris Dewan) serta dibantu oleh Tim Efektif yang terdiri dari Pegawai dan Tenaga Ahli di Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur.

Kegiatan Manajemen Informasi Pokir tentunya tidak berhenti sampai di Akper ini saja, akan tetapi menjadi bagian dari tugas dan fungsi Bagian Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur, sehingga dapat mewujudkan perencanaan Pokir DPRD yang berbasis data untuk dapat menghasilkan keputusan yang kredible dan memiliki nilai tambah (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button